Materi Informatika Kelas 7 Bab 4 Sistem Komputer

Ifan Prasya
1 comment

Mari kita bicara tentang sistem komputer, yang merupakan teknologi yang sudah sangat tidak asing bagi kita. Sistem komputer adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang bekerja sama untuk menjalankan tugas-tugas komputasi. Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari lebih lanjut tentang perangkat keras dan perangkat lunak yang terkait dengan sistem komputer.

A. Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras adalah bagian dari komputer yang kita bisa lihat dan sentuh. Inilah yang memberikan bentuk fisik dari komputer yang kita gunakan. Berikut ini beberapa komponen utama dari perangkat keras:

1. Perangkat Masukan (Input Devices)

Perangkat masukan adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan informasi atau perintah ke dalam komputer. Contoh perangkat masukan adalah:

โ€“ Keyboard: digunakan untuk memasukkan huruf, angka, dan simbol ke dalam komputer.
โ€“ Mouse: digunakan untuk menggerakkan kursor dan memilih menu atau objek pada layar komputer.
โ€“ Mikrofon: digunakan untuk merekam suara atau perintah suara yang kemudian akan diterjemahkan oleh komputer.
โ€“ Scanner: digunakan untuk mengubah dokumen fisik menjadi format elektronik yang dapat digunakan oleh komputer.

2. Pemroses

Pemroses adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menjalankan perintah dan tugas komputer. Prosesor atau CPU (Central Processing Unit) adalah contoh pemroses yang paling penting dalam komputer. CPU menjalankan instruksi-instruksi program dan mengendalikan operasi komputer lainnya.

3. Alat Output (Output Devices)

Alat output adalah perangkat yang menghasilkan informasi atau hasil dari komputer. Contoh perangkat output termasuk:

โ€“ Layar: menampilkan teks, gambar, dan video yang dihasilkan oleh komputer.
โ€“ Printer: mencetak dokumen atau gambar yang dihasilkan oleh komputer.
โ€“ Speaker: menghasilkan suara dan musik yang dihasilkan oleh komputer.

4. Peranti Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device)

Peranti penyimpanan sekunder adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dan program dalam jangka waktu yang lebih lama. Contoh peranti penyimpanan sekunder termasuk:

โ€“ Hard drive: digunakan untuk menyimpan data dan program dalam komputer.
โ€“ Flash drive: berfungsi sebagai penyimpanan portabel untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.
โ€“ DVD/CD drive: digunakan untuk membaca dan menulis data pada CD atau DVD.

5. Peranti Lainnya

Selain perangkat masukan, pemroses, keluaran, dan penyimpanan sekunder, ada juga peranti keras lainnya yang membantu menjalankan tugas-tugas komputer. Contoh peranti keras lainnya termasuk:

โ€“ Motherboard: papan sirkuit yang menghubungkan semua komponen perangkat keras.
โ€“ RAM (Random Access Memory): digunakan untuk menyimpan data dan program yang sedang dijalankan oleh komputer.
โ€“ Power supply: menyediakan energi listrik yang diperlukan untuk menjalankan komputer.

6. Spesifikasi Perangkat Keras

Spesifikasi perangkat keras merujuk pada karakteristik teknis dari komponen perangkat keras, seperti kecepatan pemrosesan, kapasitas penyimpanan, dan jumlah port yang tersedia. Spesifikasi perangkat keras yang lebih baik biasanya berarti performa komputer yang lebih baik pula.

B. Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak adalah bagian dari komputer yang tidak bisa kita lihat atau sentuh secara fisik. Namun, perangkat lunak ini berperan penting dalam menjalankan komputer dan melakukan tugas-tugas yang dibutuhkan oleh pengguna. Berikut ini adalah dua jenis perangkat lunak yang terkait dengan sistem komputer:

1. Sistem Operasi (Operating System)

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan operasi dasar komputer. Sistem operasi memiliki tugas-tugas seperti memulai komputer, mengelola perangkat keras, menjalankan program, dan menyimpan dan mengambil data dari peranti penyimpanan. Contoh sistem operasi termasuk Windows, MacOS, dan Linux.

2. Program Aplikasi

Program aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas spesifik, seperti mengedit gambar, menulis dokumen, atau memutar musik. Program aplikasi ini digunakan oleh pengguna untuk menjalankan tugas-tugas sehari-hari mereka. Contoh program aplikasi termasuk Microsoft Word, Adobe Photoshop, dan iTunes.

C. Interaksi Antarperangkat

Selain berfungsi secara independen, perangkat keras dan perangkat lunak juga berinteraksi satu sama lain untuk menjalankan tugas-tugas komputer. Salah satu contoh interaksi antarperangkat adalah sistem Closed-Circuit Television (CCTV), di mana kamera sebagai perangkat masukan merekam gambar dan video, yang kemudian ditampilkan pada layar (perangkat output) untuk pengawasan.

D. Permasalahan dan Spesifikasi Perangkat Keras

Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, permasalahan dan spesifikasi perangkat keras juga menjadi perhatian penting. Beberapa permasalahan yang mungkin muncul meliputi kerusakan perangkat keras, kekurangan daya komputasi, dan keterbatasan penyimpanan. Oleh karena itu, penting untuk memilih perangkat keras dengan spesifikasi yang cocok untuk kebutuhanmu.

E. Bilangan Biner

Bilangan biner adalah sistem angka yang menggunakan hanya dua digit, yaitu 0 dan 1. Pada sistem komputer, bilangan biner digunakan untuk menyimpan dan memproses data. Misalnya, 1 melambangkan โ€œhidupโ€ atau โ€œnyalaโ€ dan 0 melambangkan โ€œmatiโ€ atau โ€œpadamโ€. Dengan menggunakan kombinasi 0 dan 1, komputer dapat merepresentasikan dan memanipulasi berbagai jenis data.

1. Mesin Fax dan Modem

Mesin fax dan modem adalah contoh penggunaan bilangan biner dalam komunikasi data. Saat mengirim dokumen melalui mesin fax, dokumen tersebut diubah menjadi sinyal biner yang dikirim melalui saluran telepon. Begitu sinyal diterima di ujung penerima, sinyal itu dikonversi kembali menjadi gambar atau teks oleh mesin fax penerima.

2. Menghitung Lebih dari 31

Dalam sistem bilangan desimal, ketika kita mencapai angka 9, angka berikutnya adalah 10. Namun, dalam bilangan biner, kita hanya memiliki 0 dan 1. Jadi, ketika menambahkan 1 ke 1, kita harus menggunakan โ€œ10โ€ sebagai representasi hasil. Dalam sistem ini, 10 mewakili angka 2.

3. Lebih Lanjut tentang Bilangan Biner

Bilangan biner juga digunakan dalam pengkodean data dan representasi grafis. Misalnya, dalam pengkodean karakter komputer, setiap huruf dan simbol memiliki representasi biner yang unik. Selain itu, dalam grafika komputer, piksel (titik gambar) digambarkan menggunakan kombinasi biner untuk menciptakan gambar dan animasi.

Ringkasan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang perangkat keras dan perangkat lunak yang terkait dengan sistem komputer. Perangkat keras termasuk perangkat masukan, pemroses, alat output, peranti penyimpanan sekunder, dan peranti lainnya. Sedangkan perangkat lunak meliputi sistem operasi dan program aplikasi. Selain itu, kita juga membahas tentang interaksi antarperangkat, permasalahan dan spesifikasi perangkat keras, serta bilangan biner. Dengan pengetahuan ini, kamu akan lebih memahami bagaimana komputer bekerja dan berinteraksi dengan dunia sekitar kita.


Pelajari Materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka yang Lainnya:

Atau baca seluruh rangkumannya di bawah ini:

BACA JUGA

Akses gratis ke rangkuman dari seluruh materi Informatika kelas 7 berdasarkan Kurikulum Merdeka. Lengkap mulai dari bab 1 hingga bab 9.

Akses Rangkuman
Ifan Prasya
Kuliah ambil jurusan Agribisnis di UNS Solo, angkatan 2017. Sebelumnya pernah Gap Year, terinspirasi dari Malia Ann Obama.

Satu pemikiran pada “Materi Informatika Kelas 7 Bab 4 Sistem Komputer”

Tinggalkan komentar