Materi Informatika Kelas 7 Bab 7 Algoritma dan Pemrograman

Ifan Prasya
1 comment

Saat ini, teknologi semakin berkembang pesat dan mendominasi hampir setiap aspek kehidupan kita. Salah satu aspek penting dalam teknologi adalah pemrograman. Dengan pemrograman, kamu bisa menciptakan, mendesain, dan mengembangkan berbagai macam perangkat lunak, aplikasi, dan bahkan robot. Nah, dalam artikel ini, kita akan mengulas algoritma dan pemrograman dengan menggunakan bahasa pemrograman Scratch dan robot manual. Yuk, mulai dari pengenalan!

A. Pemrograman

1. Mengapa Perlu Belajar Programming?

Belajar pemrograman memiliki banyak manfaat, terutama di era teknologi seperti sekarang. Beberapa alasan mengapa kamu perlu belajar programming antara lain:

  • Memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang teknologi dan bagaimana hal-hal di sekitar kita bekerja.
  • Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan logika.
  • Memberikan kesempatan untuk berkembang dalam karir di bidang teknologi.

2. Bagaimana Belajar Programming?

Jika kamu tertarik untuk belajar pemrograman, ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Tentukan bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari. Dalam artikel ini, kita akan fokus pada Scratch.
  2. Cari sumber belajar yang baik, seperti buku, kursus online, atau tutorial video.
  3. Praktikkan pemrograman secara aktif dengan membuat proyek-proyek kecil.
  4. Jangan takut untuk mencoba dan membuat kesalahan. Belajar dari kesalahan adalah bagian penting dari proses belajar pemrograman.

3. Scratch

Scratch adalah bahasa pemrograman visual yang dirancang khusus untuk anak-anak dan pemula. Dalam Scratch, pemrograman dilakukan dengan menyusun blok-blok perintah secara visual tanpa perlu mengetik kode.

4. Membuat Akun

Sebelum kamu bisa menggunakan Scratch, pertama-tama kamu perlu membuat akun di situs resmi Scratch (scratch.mit.edu). Caranya sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah yang tertera di website tersebut.

5. Mengenal “Universe” Scratch

“Universe” Scratch adalah lingkungan pemrograman utama dalam Scratch. Di dalamnya, kamu bisa membuat proyek-proyek dengan menambahkan sprite (gambar atau karakter), mengatur script (urutan perintah), dan berinteraksi dengan sprite melalui blok-blok perintah.

B. Eksplorasi Fungsi Dasar

Setelah kamu mengenal dasar-dasar penggunaan Scratch, sekarang saatnya untuk mulai eksplorasi fungsi dasar yang ada dalam Scratch, antara lain:

1. Sprite dan Background

Sprite adalah objek yang bisa bergerak di “Universe” Scratch, sedangkan background adalah latar belakang di mana sprite bergerak. Kamu bisa menambahkan sprite dan mengganti background sesuai keinginan.

2. Block of Code

Block of code adalah blok-blok perintah yang tersedia dalam Scratch. Kamu bisa menggabungkan blok-blok ini untuk membuat script yang berisi urutan perintah. Misalnya, kamu bisa mengatur sprite untuk bergerak, berbicara, atau berinteraksi dengan objek lain.

3. Kejadian dan Kondisi

Dalam Scratch, kamu bisa mengatur kejadian dan kondisi tertentu agar sprite berperilaku sesuai yang kamu inginkan. Misalnya, kamu bisa membuat sprite bergerak saat tombol tertentu ditekan atau sprite berhenti saat bersentuhan dengan objek lain.

C. Robot Manual

Selain Scratch, kamu juga bisa belajar pemrograman dengan menggunakan robot manual. Robot manual memungkinkan kamu untuk belajar dan memahami konsep dasar pemrograman melalui penggunaan algoritma.

1. Mengenal Robot Manual

Robot manual adalah robot sederhana yang bisa diprogram dengan menggunakan algoritma. Kamu bisa mengatur pergerakan dan tindakan robot dengan memasukkan urutan perintah melalui papan kontrol atau komputer.

2. Menggunakan Algoritma

Dalam pemrograman robot manual, kamu perlu menggunakan algoritma yang terdiri dari urutan perintah yang jelas dan logis. Kamu bisa membuat algoritma sederhana seperti membuat robot bergerak maju, berbelok, atau berhenti.

3. Menjalankan Algoritma

Setelah membuat algoritma, kamu bisa menjalankannya dengan mengatur perintah-perintah pada robot manual. Misalnya, kamu bisa memasukkan perintah maju selama 3 langkah, belok kanan, dan kemudian berhenti.

Kesimpulan

Pemrograman adalah keterampilan yang sangat berharga di era teknologi seperti sekarang. Dengan belajar algoritma dan pemrograman menggunakan bahasa pemrograman Scratch serta robot manual, kamu bisa mengembangkan kreativitas, pemecahan masalah, dan logika kamu secara menyenangkan.

Mulai dari Scratch, cara belajar pemrograman bisa menjadi lebih mudah dengan tampilan yang interaktif dan menyenangkan. Kemudian, dengan eksplorasi fungsi dasar dan penggunaan algoritma pada robot manual, kamu bisa memahami konsep pemrograman secara lebih mendalam. Jadi, ayo mulai belajar pemrograman dan jelajahi dunia teknologi dengan seru!


Pelajari Materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka yang Lainnya:

Atau baca seluruh rangkumannya di bawah ini:

BACA JUGA

Akses gratis ke rangkuman dari seluruh materi Informatika kelas 7 berdasarkan Kurikulum Merdeka. Lengkap mulai dari bab 1 hingga bab 9.

Akses Rangkuman
Ifan Prasya
Kuliah ambil jurusan Agribisnis di UNS Solo, angkatan 2017. Sebelumnya pernah Gap Year, terinspirasi dari Malia Ann Obama.

Satu pemikiran pada “Materi Informatika Kelas 7 Bab 7 Algoritma dan Pemrograman”

Tinggalkan komentar