Materi IPA Kelas 7 Bab 7: Bumi dan Tata Surya

Ifan Prasya
No comments

Rangkuman materi IPA Kelas 7 Bab 7 Bumi dan Tata Surya berdasarkan Kurikulum Merdeka. Membahas tentang sistem tata surya, satelit-satelit bumi, hingga peranan matahari dalam kehidupan.

A. Sistem Tata Surya

1. Delapan Planet dalam Tata Surya

a. Planet Terestrial

  1. Merkurius: Merkurius adalah planet terkecil dalam Tata Surya dan paling dekat dengan Matahari. Permukaannya dipenuhi dengan kawah dan mengalami suhu ekstrem karena minimnya atmosfer untuk mengatur suhu.
  2. Venus: Venus adalah planet terpanas dalam Tata Surya karena efek rumah kaca yang kuat di atmosfernya. Ini juga memiliki atmosfer tebal yang mengandung gas beracun dan permukaan yang bergunung-gunung.
  3. Bumi: Bumi adalah planet yang unik karena memiliki air cair dan kondisi atmosfer yang mendukung kehidupan. Perubahan musim, siang, dan malam disebabkan oleh rotasinya dan revolusinya.
  4. Mars: Mars adalah planet yang menarik karena memiliki banyak persamaan dengan Bumi. Permukaannya penuh dengan gunung, lembah, dan gurun. Ilmu pengetahuan berusaha mencari tanda-tanda kehidupan di planet ini.

b. Planet Raksasa Gas

  1. Jupiter: Jupiter adalah planet terbesar dalam Tata Surya. Ini memiliki atmosfer tebal yang terdiri dari gas, termasuk gas hydrogen dan helium. Jupiter juga memiliki banyak bulan dan memiliki sabuk-sabuk cincin yang indah.
  2. Saturnus: Saturnus terkenal dengan cincin-cincinnya yang mencolok. Planet ini juga terdiri dari gas seperti hydrogen dan helium. Satelit terbesarnya, Titan, bahkan memiliki atmosfer dan permukaan yang mirip dengan Bumi.
  3. Uranus: Uranus adalah planet yang unik karena berputar miring pada sumbunya. Ini juga terdiri dari gas seperti hydrogen dan helium. Planet ini memiliki sistem cincin dan banyak satelit.
  4. Neptunus: Neptunus adalah planet terjauh dari Matahari dan terbesar ketiga dalam kategori planet gas. Ini juga memiliki atmosfer yang kaya dengan gas, dan permukaannya dibanjiri dengan es dan batuan.

2. Benda Langit Lainnya

a. Satelit

  1. Ganymede: Ganymede adalah satelit terbesar Jupiter dan juga satelit terbesar di Tata Surya. Permukaannya memiliki wilayah berbukit-bukit dan lembah yang menarik.
  2. Titan: Titan adalah satelit terbesar Saturnus dan memiliki atmosfer tebal. Permukaannya tertutup kabut dan memiliki danau dan sungai cairan hidrokarbon, membuatnya menjadi salah satu objek menarik untuk penjelajahan.
  3. Io: Io adalah satelit Jupiter yang penuh warna karena aktivitas vulkanik yang kuat di permukaannya. Ini adalah salah satu tempat paling aktif secara vulkanik di Tata Surya.

b. Planet Kerdil

  1. Pluto: Pluto adalah planet kerdil yang dulunya dianggap sebagai planet kesembilan dalam Tata Surya. Permukaannya terdiri dari es dan batuan, dan memiliki satelit bernama Charon.
  2. Ceres: Ceres adalah planet kerdil terbesar di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. Penelitian mendalam tentang Ceres membantu kita memahami lebih banyak tentang sejarah awal Tata Surya.
  3. Haumea, Makemake, dan Eris: Planet kerdil lainnya termasuk Haumea, Makemake, dan Eris. Masing-masing memiliki karakteristik yang menarik dan unik.

c. Asteroid

Asteroid adalah benda langit berukuran kecil yang berada di antara orbit Mars dan Jupiter. Mereka merupakan sisa-sisa materi yang tidak terakumulasi membentuk planet.

d. Meteor, Meteorit, dan Meteoroid

Meteoroid adalah benda langit kecil yang berada di angkasa. Ketika meteoroid memasuki atmosfer Bumi dan terbakar karena gesekan dengan atmosfer, ia disebut meteor. Jika bagian meteoroid bertahan dan mencapai permukaan Bumi, ia disebut meteorit.

e. Komet

Komet adalah benda langit yang terdiri dari es, debu, dan gas. Ketika komet mendekati Matahari, panas menyebabkan materialnya menguap dan membentuk ekor yang menakjubkan.

B. Bumi dan Satelitnya

1. Pergerakan Bumi dalam Sistem Tata Surya

a. Siang dan Malam

Pergerakan Bumi mengakibatkan terjadinya siang dan malam. Ketika Bumi berputar pada sumbunya, satu sisi menghadap Matahari (siang) sementara sisi lainnya mengalami kegelapan (malam).

b. Pergantian Tahun

Bumi mengelilingi Matahari dalam waktu satu tahun penuh. Pergantian tahun terjadi ketika Bumi kembali ke posisi yang sama di orbitnya setelah mengelilingi Matahari.

c. Pergantian Musim

Perubahan musim disebabkan oleh kemiringan sumbu Bumi. Ketika salah satu belahan Bumi lebih condong ke Matahari, itu mengalami musim panas, sedangkan belahan lain mengalami musim dingin. Ketika kemiringan sumbu menghadap Matahari, terjadi musim semi dan gugur.

2. Bulan Sebagai Satelit Bumi

a. Karakteristik Bulan

Bulan adalah satelit alami Bumi dan memiliki karakteristik yang menarik. Permukaannya dipenuhi dengan kawah, gunung, dan dataran yang terbentuk karena benturan dengan benda langit lain selama miliaran tahun.

b. Fase Bulan

Perubahan cahaya Bulan dari Bumi disebut fase Bulan. Ini disebabkan oleh posisi Bulan relatif terhadap Matahari dan Bumi. Fase Bulan meliputi baru, sabit, bulan purnama, dan bulan kuartir.

c. Gerhana Bulan

Gerhana Bulan terjadi ketika Bumi berada di antara Bulan dan Matahari. Ini mengakibatkan bayangan Bumi menutupi Bulan, dan permukaannya menjadi redup atau berwarna merah marun, fenomena ini dikenal sebagai “bulan darah”.

d. Pengaruh Gerak Bulan terhadap Kehidupan Manusia

  • Bulan Ramadhan: Dalam kalender Islam, perhitungan waktu berdasarkan Bulan. Oleh karena itu, Bulan memainkan peran penting dalam menentukan awal dan akhir bulan Ramadhan.
  • Hari Paskah: Pada perayaan Paskah, tanggalnya ditentukan berdasarkan fase Bulan purnama pada bulan paskah di kalender Kristen.
  • Tilem: Dalam kalender Bali, Tilem adalah hari suci di mana orang Bali melakukan ritual dan upacara keagamaan. Penentuan tanggal Tilem berdasarkan fase Bulan.

4) Industri Garam dan Perikanan

Fase Bulan juga mempengaruhi pasang surut air laut. Industri garam dan perikanan harus mempertimbangkan fase Bulan saat merencanakan kegiatan mereka.

3. Satelit Bumi Selain Bulan

Selain Bulan, Bumi juga memiliki satelit buatan yang telah diluncurkan manusia. Satelit-satelit ini memiliki beragam fungsi, termasuk telekomunikasi, pemantauan cuaca, dan penelitian ilmiah.

C. Mengenal Matahari Lebih Dekat

1. Karakteristik Matahari

a. Bintik Matahari

Bintik Matahari adalah wilayah gelap di permukaan Matahari yang terjadi karena perubahan medan magnet di dalamnya. Bintik Matahari menandai aktivitas matahari dan dapat mempengaruhi kondisi cuaca di Bumi.

b. Suar Surya

Suar Surya adalah lonjakan energi yang dilepaskan oleh Matahari karena pelepasan energi magnetik yang kuat. Suar Surya dapat menyebabkan gangguan pada sistem komunikasi dan distribusi listrik di Bumi.

c. Prominensa Matahari

Prominensa Matahari adalah gas yang dipancarkan dari permukaan Matahari dan membentuk puncak yang mengesankan di luar atmosfer. Prominensa dapat mencapai jutaan kilometer ke angkasa.

d. Angin Matahari

Angin Matahari adalah aliran partikel bermuatan dari Matahari yang mengisi Tata Surya. Ketika angin matahari mencapai Bumi, mereka berinteraksi dengan medan magnet planet dan menciptakan aurora di kutub.

2. Gerhana Matahari

Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi. Ini menyebabkan Bayangan Bulan mengalangi cahaya Matahari dan menciptakan pemandangan spektakuler di Bumi.

3. Peran Matahari dalam Kehidupan Manusia

Matahari adalah sumber energi utama untuk kehidupan di Bumi. Energi surya digunakan untuk menghasilkan listrik melalui panel surya, memanaskan air, dan banyak aplikasi lainnya. Tanaman juga bergantung pada energi Matahari untuk fotosintesis, yang menjadi dasar rantai makanan.

Sistem Tata Surya adalah tempat yang menarik dan kompleks, di mana delapan planet, satelit, planet kerdil, asteroid, komet, dan lainnya berinteraksi dalam harmoni kosmik. Bumi, sebagai salah satu planet terestrial, memiliki Bulan sebagai satelit alaminya.

Selain itu, Matahari memainkan peran penting dalam kehidupan manusia, menyediakan energi dan mempengaruhi banyak aspek budaya dan tradisi di seluruh dunia. Semakin kita memahami Tata Surya, semakin kita dapat menghargai keindahan dan keragamannya, dan juga peran penting yang dimainkannya dalam kelangsungan hidup kita di Bumi.


Pelajari Materi IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka yang Lainnya:

Atau baca seluruh rangkumannya di bawah ini:

BACA JUGA

Akses gratis ke rangkuman dari seluruh materi IPA kelas 7 berdasarkan Kurikulum Merdeka. Lengkap mulai dari bab 1 hingga bab 7.

Akses Rangkuman
Ifan Prasya
Kuliah ambil jurusan Agribisnis di UNS Solo, angkatan 2017. Sebelumnya pernah Gap Year, terinspirasi dari Malia Ann Obama.

Tinggalkan komentar