Materi IPA Kelas 7 Bab 4: Gerak dan Gaya

Ifan Prasya
No comments

Rangkuman materi IPA Kelas 7 untuk Bab 4 Gerak dan Gaya (Kurikulum Merdeka). Membahas tentang gerak benda, perpindahannya, kelajuan, kecepatan, jenis gaya, hingga hukum newton.

A. Gerak Benda

1. Perpindahan dan Jarak Tempuh Benda

Gerak benda adalah perubahan posisi suatu benda terhadap titik acuan atau referensi dalam waktu tertentu. Perpindahan adalah jarak dan arah lintasan yang ditempuh oleh benda dari posisi awal ke posisi akhir. Jarak tempuh benda adalah total panjang lintasan yang ditempuh oleh benda, tanpa memperhatikan arah.

2. Apakah Kita Semua Bergerak Relatif?

Ya, kita semua bergerak relatif terhadap benda-benda di sekitar kita. Meskipun kita merasa diam, sebenarnya kita bergerak bersama dengan bumi yang berputar pada sumbunya dan mengelilingi matahari. Selain itu, benda-benda lain di alam semesta juga bergerak dan berpengaruh pada posisi kita.

3. Kenapa Waktu Tiba Bisa Berbeda?

Waktu tiba suatu benda di lokasi tertentu dapat berbeda karena benda tersebut memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Kecepatan adalah besaran yang menggambarkan seberapa cepat benda bergerak. Semakin tinggi kecepatan suatu benda, maka waktu tiba benda tersebut akan semakin cepat.

4. Apakah Kelajuan Sama Dengan Kecepatan? Kenapa Orang Jarang Menyebutkan Kelajuan?

Kelajuan adalah istilah yang jarang digunakan dalam ilmu fisika. Kelajuan mengacu pada kecepatan benda dengan memperhitungkan arah. Dalam fisika, istilah yang lebih sering digunakan adalah “kecepatan” yang merujuk pada besaran yang hanya menggambarkan besarnya perpindahan tanpa memperhatikan arah.

5. Bagaimana Kita Menghitung Kecepatan Sebuah Benda?

Kecepatan benda dapat dihitung dengan rumus:

Kecepatan (v) = Perpindahan (s) / Waktu (t)

6. Adakah Faktor Lain dari Gerak Benda Selain Kecepatan?

Selain kecepatan, ada faktor lain yang berperan dalam gerak benda, yaitu percepatan dan perlambatan. Percepatan adalah perubahan kecepatan dari waktu ke waktu, sedangkan perlambatan adalah kebalikannya, yaitu perubahan kecepatan benda menjadi lebih lambat.

B. Gaya

1. Pengertian Gaya

Gaya adalah besaran vektor yang menyebabkan perubahan pada gerak benda. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak, berhenti, atau berubah arah. Gaya diukur dalam satuan Newton (N).

2. Apakah Gaya Dapat Bernilai Nol?

Ya, gaya dapat bernilai nol jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda. Ketika benda berada dalam keadaan diam atau dalam keadaan gerak lurus beraturan tanpa percepatan atau perlambatan, berarti gaya total yang bekerja pada benda adalah nol.

3. Apakah Paduan atau Resultan Gaya itu?

Paduan atau resultan gaya adalah hasil dari penjumlahan atau pengurangan gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda. Jika gaya-gaya yang bekerja pada benda searah, maka paduan gaya akan sama dengan hasil penjumlahan gaya-gaya tersebut. Namun, jika gaya-gaya berlawanan arah, maka paduan gaya akan merupakan hasil pengurangan gaya-gaya tersebut.

4. Macam-Macam Gaya

Ada beberapa macam gaya yang berperan dalam gerak benda, antara lain:

  • Gaya tarik-menarik (gaya gravitasi)
  • Gaya normal
  • Gaya gesek
  • Gaya pegas
  • Gaya magnet

5. Kenapa Saat Mendorong Meja atau Sebuah Benda Terasa Sedikit Getaran dan Terdengar Suatu Bunyi?

Ketika kita mendorong meja atau sebuah benda, terjadi gaya gesek antara benda dan lantai. Gaya gesek ini menyebabkan getaran pada benda dan lantai, sehingga kita merasa adanya getaran ketika mendorong benda. Bunyi yang terdengar berasal dari gesekan antara benda dan lantai.

6. Kenapa Ketika Mendorong Benda Pertama Kali Terasa Lebih Berat Dibandingkan dengan Ketika Mendorong Saat Benda Sudah Mulai Bergerak?

Ketika mendorong benda pertama kali, benda tersebut berada dalam keadaan diam dan gaya gesek yang harus diatasi untuk memulai gerak adalah gaya gesek statis, yang lebih besar dibandingkan gaya gesek kinetis ketika benda sudah mulai bergerak.

7. Apakah Gaya Gesek Menguntungkan?

Gaya gesek memiliki dua sisi yang berbeda. Di satu sisi, gaya gesek membantu kita bergerak dan menjalankan banyak peralatan sehari-hari, seperti mendorong sepeda atau memegang barang. Namun, pada sisi lain, gaya gesek juga dapat menyebabkan peralatan aus dan membuang energi yang tidak diperlukan.

8. Apakah Ada Gaya Gesek yang Merugikan?

Gaya gesek kadang-kadang bisa merugikan, terutama dalam mesin dan peralatan industri yang memerlukan efisiensi tinggi. Gaya gesek dapat menyebabkan panas dan aus pada mesin, mengakibatkan kerugian energi dan biaya perawatan yang tinggi.

9. Adakah Hukum yang Melandasi Gaya terhadap Benda?

Ya, ada tiga hukum Newton yang merupakan hukum dasar dalam fisika mekanika yang melandasi gaya-gaya yang bekerja pada benda.

10. Hukum I Newton

Hukum I Newton, juga dikenal sebagai hukum inersia, menyatakan bahwa benda akan tetap dalam keadaan diam atau bergerak lurus beraturan dengan kecepatan tetap jika gaya total yang bekerja pada benda adalah nol. Artinya, benda cenderung mempertahankan keadaannya sampai ada gaya yang merubahnya.

11. Hukum II Newton

Hukum II Newton menyatakan bahwa percepatan benda proporsional dengan gaya total yang bekerja pada benda dan berbanding terbalik dengan massa benda. Rumus hukum II Newton adalah:

F = m * a

Di mana F adalah gaya total yang bekerja pada benda (dalam Newton), m adalah massa benda (dalam kilogram), dan a adalah percepatan benda (dalam meter per detik kuadrat).

12. Hukum III Newton

Hukum III Newton menyatakan bahwa setiap gaya aksi memiliki reaksi yang sama besar namun berlawanan arah dengan gaya tersebut. Artinya, jika suatu benda memberi gaya pada benda lain, benda kedua akan memberi gaya balasan dengan besar yang sama namun arahnya berlawanan.

Pemahaman tentang gerak dan gaya sangat penting dalam ilmu fisika dan membantu kita menjelaskan fenomena-fenomena alam yang terjadi di sekitar kita. Dengan memahami konsep-konsep ini, kita dapat memahami bagaimana benda-benda berinteraksi dan bergerak, serta menerapkan ilmu fisika dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari.


Pelajari Materi IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka yang Lainnya:

Atau baca seluruh rangkumannya di bawah ini:

BACA JUGA

Akses gratis ke rangkuman dari seluruh materi IPA kelas 7 berdasarkan Kurikulum Merdeka. Lengkap mulai dari bab 1 hingga bab 7.

Akses Rangkuman
Ifan Prasya
Kuliah ambil jurusan Agribisnis di UNS Solo, angkatan 2017. Sebelumnya pernah Gap Year, terinspirasi dari Malia Ann Obama.

Tinggalkan komentar