Kamu mungkin sudah familiar dengan komputer dan teknologi yang digunakannya, namun tahukah kamu bahwa teknologi komputer bisa menjadi lebih dari sekadar alat untuk bekerja dan bermain? Dalam pelajaran informatika kelas 7, kita akan menjelajahi pengembangan artefak komputasional dengan praktika lintas bidang informatika. Ini adalah kesempatanmu untuk bermain, belajar, dan berkreativitas sambil memahami lebih dalam dunia komputasi.
A. Pengembangan Artefak Komputasional
Pengembangan artefak komputasional adalah proses menciptakan objek atau alat yang menggunakan komputasi untuk melakukan tugas tertentu. Dalam pelajaran praktika lintas bidang informatika, kamu akan didorong untuk mengembangkan artefak komputasional dengan berbagai metode dan media yang menarik.
1. Starter Makey Makey: Bermain dengan Alat
Makey Makey adalah alat elektronik yang memungkinkanmu untuk membuat interaksi antara dunia fisik dengan dunia digital. Dengan Makey Makey, kamu dapat menghubungkan benda-benda sehari-hari seperti buah-buahan, tuts piano, atau bahkan tubuhmu sendiri, menjadi input untuk komputer. Dengan demikian, kamu dapat mengontrol permainan atau aplikasi secara kreatif dan interaktif.
Di dalam pelajaran praktika lintas bidang informatika, kamu akan diajak untuk bermain dengan Makey Makey. Kamu dapat mencoba menghubungkan pisang ke Makey Makey dan menggunakan pisang sebagai pengganti tuts keyboard untuk mengetik atau memainkan permainan. Selain itu, kamu juga dapat mencoba menghubungkan benda-benda lain yang memiliki sifat konduktor seperti kertas aluminium.
Keunggulan makey Makey adalah kemampuannya untuk memicu rasa ingin tahu dan kreativitas kamu. Kamu dapat bereksperimen dengan berbagai jenis benda dan menciptakan input yang unik. Melalui aktivitas ini, kamu akan belajar tentang konsep dasar sirkuit listrik, penghantar listrik, dan bagaimana kita bisa mengontrol perangkat komputer menggunakan benda-benda sehari-hari.
2. Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey
Selain bermain dengan benda-benda sehari-hari, kamu juga dapat mengembangkan artefak komputasional yang lebih kompleks. Salah satu contohnya adalah pengembangan synthesizer dengan menggunakan media air dan Makey Makey.
Dalam praktika ini, kamu akan belajar tentang konsep dasar getaran suara dan cara menghasilkan suara melalui alat musik elektronik. Kamu dapat membuat synthesizer sederhana dengan mengisi wadah dengan air dan menempatkan elektroda Makey Makey di dalamnya. Ketika kamu menyentuh air, Makey Makey akan membaca sinyal dan menghasilkan suara yang berbeda-beda.
Ini adalah kesempatan bagus untuk mengenal seluk-beluk dunia musik dan eksperimen dengan suara-suaranya. Kamu dapat mengontrol pitch, volume, dan efek lainnya dengan menjelajahi berbagai faktor seperti volume air, jumlah sentuhan, atau ukuran wadah. Lebih dari itu, kamu juga akan belajar tentang konsep dasar sirkuit listrik, penghantar arus listrik, dan bagaimana kita dapat menghasilkan suara melalui getaran suara.
B. Aktivitas Unplugged: Bermain Strategi
Tidak semua praktika lintas bidang informatika harus dilakukan dengan peralatan komputer. Beberapa aktivitas bisa dilakukan tanpa menggunakan alat elektronik dan komputer. Salah satu contohnya adalah bermain strategi.
Tujuan dari aktivitas ini adalah untuk melatih kemampuanmu dalam merencanakan dan memecahkan masalah. Kamu akan diberikan tugas atau tantangan tertentu, dan kamu harus menggunakan pemikiran logis dan analisis untuk menemukan solusinya. Aktivitas ini melibatkan pemodelan situasi dalam bentuk permainan atau simulasi, di mana kamu harus membuat keputusan yang cerdas dan memilih strategi terbaik untuk mencapai tujuan yang ditentukan.
Aktivitas bermain strategi ini tidak hanya akan melatih kemampuan pemecahan masalah, tetapi juga keterampilan komunikasi, kerjasama, dan pengambilan keputusan. Kamu akan belajar cara berpikir dengan logika, mempertimbangkan konsekuensi dari setiap tindakan, dan menghadapi tantangan yang mungkin timbul. Aktivitas unplugged seperti ini juga menjadi pengingat bahwa meskipun teknologi memegang peranan penting dalam dunia komputasi, pemikiran dan kreativitas kita juga sangat berharga.
Ringkasan
Pelajaran informatika kelas 7 mengajakmu untuk menjelajahi pengembangan artefak komputasional melalui praktika lintas bidang informatika. Kamu dapat bermain dengan Makey Makey, menghubungkan benda-benda sehari-hari menjadi input komputer secara kreatif. Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan synthesizer dengan media air dan Makey Makey, serta belajar tentang getaran suara dan penghasilan suara melalui alat musik elektronik.
Selain praktika dengan alat, kamu juga bisa bermain strategi dalam aktivitas unplugged untuk melatih kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi. Dalam pelajaran praktika lintas bidang informatika, kamu akan belajar, bermain, dan berkreativitas sambil menjelajahi konsep dasar sirkuit listrik, penghantar listrik, penghasilan suara, dan kemampuan berpikir logis. Selamat bermain dan eksplorasi dalam dunia komputasi!
Pelajari Materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka yang Lainnya:
- Bab 1 Informatika dan Keterampilan Generik
- Bab 2 Berpikir Komputasional
- Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Bab 4 Sistem Komputer
- Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet
- Bab 6 Analisis Data
- Bab 7 Algoritma dan Pemrograman
- Bab 8 Dampak Sosial Informatika
- Bab 9 Praktika Lintas Bidang Informatika (sedang kamu baca)
Atau baca seluruh rangkumannya di bawah ini:
Akses gratis ke rangkuman dari seluruh materi Informatika kelas 7 berdasarkan Kurikulum Merdeka. Lengkap mulai dari bab 1 hingga bab 9.